Seputar Per Kopling Motor

per kopling standar umumnya punya tingkat kelenturan maksimal pada 133-138 derajat celcius. diatas itu per kopling akan memuai yang akan menggangu proses kelenturan per kopling itu sendiri. dimana jika proses memuai telah melebihi ambang batas akan membuat per kopling melebar baik dari sisi diameter maupun panjang ulir.

2. Per kopling aftermarket umumnya digunakan kebanyakan karena referensi dari teman2 yang bilang "bagus", atau karena budget yang hanya sesuai dengan yang ada. padahal untuk aftermarket ini sebaiknya menyesuaikan beberapa hal untuk penggantian. sebaiknya sebelum mengganti per kopling harap memperhatikan hal2 berikut ini :

[*]Jarak Tempuh Berkendara sehari-hari
[*]Oli
[*]Kampas Kopling

jarak tempuh, tingkat kekentalan oli, bahan kampas kopling, punya peran penting disini. masing2 hal diatas jika tidak sesuai dengan kebutuhan kerja mesin akan mengganggu kinerja per kopling dalam proses "rebound/anti-clutch" kampas kopling.

jadi 2 hal diatas sebaiknya dijadikan patokan pemikiran sebelum mengganti per kopling. kesalahan fatal apabila slip kopling dibiarkan yaitu bak kopling baret bahkan yang paling ekstrem sampai retak/pecah. hal tersebut terjadi dikarenakan per kopling masih "nyangkut" dan kampas kopling masih belum lepas sempurna. sedangkan putaran mesin belum berkurang yang mengakibatkan suhu meningkat drastis dan bak kopling sudah tidak mampu menahan putaran dan suhu yang mengakibatkan bak kopling baret.

P/S : jangan sekali2 menggunakan per kopling bekas. kecuali agan punya budget untuk menyiapkan penggantian bak kopling satu set

3. Pemilihan per kopling.
selain memperhatikan hal diatas, sebaiknya memilih per kopling dari bahan yang baik, ane sampai saat ini cuman tau beberapa merk tertentu dimana bahan yang digunakan murni menggunakan baja lentur tapi yah seperti biasa...
"emank harga ga bisa bohongin kualitas"

semakin bagus bahannya makin mahal harganya
untuk kelas medium mending pake per kopling kisaran harga 100-200rb
kalau punya budget lebih, mending sekalian pake per kopling yamaha sero, cuman harganya yang amit2. tapi efeknya dijamin bikin nyengir2 mulu

penulis pribadi udah nggak punya kepercayaan dengan per kopling dengan harga dibawah 100rb. jangan mau murah deh, ujung2nya bakalan lebih gede biaya yang keluar buat nebus perbaikannya...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Original Part

Original Part