Teknologi pada Motor Yamaha Vixion

Berikut ini merupakan teknologi yang ada pada Yamaha Vixion yang patut anda ketahui

Crank Shaft Position Sensor
Memberikan signal listrik kepada ECU, supaya ECU dapat mendeteksi sudut crank & putaran mesin dengan akurat.

MAQS (Modulized Air Quantity Sensor)

Sensor unit yang praktis yang berisi throttle position sensor ,intake temp sensor dan intake air pressure sensor.

LEAN ANGLE SENSOR
Lean angle sensor menghentikan sistem injeksi bahan bakar pada saat sepeda motor terguling.

Coolant Temp Sensor

  • Mendeteksi suhu air untuk menghidupkan / mematikan cooling fan (kipas)
  • Memberikan signal panas mesin ke ECU untuk control FID

ECU ( Engine Control Unit )
ECU memonitor dan menganalisa informasi dari tiap sensor dan mengirimkan perintah ke beberapa komponen agar bekerja sesuai dengan berbagai kondisi Mesin.

INJECTOR
  • Injector dengan 6 lubang.
  • Fuel injector menginjeksikan bensin kedalam intake manifold sesuai perintah dari ECU
FID ( Fast Idle Solenoid Valve )
  • Mempermudah menghidupkan mesin pada saat kondisi masih dingin.
  • Sistem ini seperti sistem choke pada tipe karburator. Perbedaannya adalah F.ID. bekerja otomatis sesuai perintah dari ECU
Fuel Pompa
  • Pompa bensin dilengkapi dengan pressure regulator.
  • Pompa bensin terletak didasar dalam tangki bensin dan terdiri dari
  • pompa, filter, sender, dan relief valve.

RADIATOR (LIQUID COOLING SYSTEM)
Tujuan dan keuntungan :
  • Dalam kondisi jalan yang macet pendinginan tetap sempurna
  • Dilengkapi kipas pendingin, bekerja jika temperatur mesin terlalu tinggi.

THERMOSTAT
Tujuan dan keuntungan :
  • Mencegah agar mesin tidak terlalu dingin pada saat awal start..
  • Mempercepat waktu pemanasan mesin (warming up).

RADIATOR CAP
Operational :
Jika air pendingin mengalami pemuaian karena panas, maka tekanan air dalam radiator akan mengalir ke tangki recovery melalui lubang yang berada pada tutup radiator dalam batas tekanan 1,1 Kg/cm. Demikian juga sebaliknya, air dalam tangki recovery akan mengalir kembali ke Radiator melalaui tutup tangki. Sehingga air dalam radiator selalu dalam kondisi terisi.

DESIGN “4 VALVE”
keuntungan :
  • Dengan 4 klep, tinggi angkat klep lebih pendek untuk menghindari kebengkokan klep
  • Interval penyetelan klep lebih lama (9.000 KM)
  • Efisiensi pemasukan dan pembuangan lebih baik, sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat.
  • Mengurangi “Valve surging” (lompatan klep)
  • Kelonggaran Klep :
  • Klep masuk 0,10 s/d 0,14 mm
  • Klep buang 0,20 s/d 0,24 mm( dalam kondisi dingin )

DiASil CYLINDER
Keistimewaan :
  • Tanpa Sleeve / liner (lapisan dalam)
  • Tanpa pengeras pada permukaan cylinder, tapi merupakan komposisi logam secara total.
  • Jarak perawatan/ penggantian lebih panjang ( tidak perlu “over size” )
  • Konsumsi oli lebih hemat
  • Suhu Permukaan cylinder lebih rendah
  • Nilai Muai yang rendah dan suara “noise”
  • yang rendah

FORGED PISTON
Keuntungan :
Proses pembuatan Piston dengan proses cetak dalam kondisi panas hampir sama dengan proses pembuatan roda gigi (Tempa)
  • Kekuatan dan daya keausan serta suhu muai yang lebih tinggi.
  • Dimensi yang lebih kecil
  • Koefisien gesek lebih rendah
  • Berat piston lebih ringan
  • Suara “Noise” lebih kecil
  • Dapat mencegah Piston “Seazure” (Piston Macet)1
  • Anti macet (Piston seizure), karena adanya iron coating dan tin coating. yang mencegah kontak antar logam yang sejenis
O2 Sensor
O2 sensor dipasang untuk mengurangi zat-zat beracun dalam gas buang & mendeteksi kondisi pembakaran mesin. Sensor ini akan mendeteksi jumlah oksigen dalam gas buang dan mengkonversinya menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU & selanjutnya ECU akan meningkatkan & menurunkan jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sesuai dengan kondisi pembakaran.

BALANCER MESIN
Gigi balancer dengan per damper terletak pada sisi kanan poros balancer.
Untuk memudahkan perawatan, anda dapat mengganti gigi balancer tanpa membongkar crankcase.

Tujuan dan keuntungan :
  • mengurangi getaran mesin
SUSPENSI MONOCROSS
Cara kerja suspensi belakang dengan link ini adalah :
  • Batang suspensi berubah-ubah tergantung pergerakan roda.
  • JIka tidak terbebani penuh, suspensi akan lembut dan nyaman.
  • Jika suspensi tertekan hingga mendekati titik maksimum, dumper akan memberikan gaya penahan yang besar mengikuti gaya dari batang link

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Original Part

Original Part